35 Contoh Soal AKGTK Kemenag 2024 dan Pembahasan Kunci Jawaban

Daftar Isi

Contoh Soal AKGTK Kemenag 2024

RAKYATMEDIAPERS.CO.ID - Soal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) Kemenag 2024 menjadi salah satu alat evaluasi penting yang digunakan untuk mengukur kualitas kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam dunia pendidikan Indonesia. 

Melalui soal-soal ini, diharapkan dapat tercapai peningkatan mutu pendidikan yang lebih merata dan berkualitas di semua level, khususnya di lingkungan Kementerian Agama.

Ujian AKGTK Kemenag 2024 dirancang untuk menguji dua kompetensi utama, yaitu kompetensi pedagogik dan profesional. 

Kompetensi pedagogik mengacu pada kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, serta melakukan evaluasi dan refleksi terhadap hasil pembelajaran tersebut. 

Sementara itu, kompetensi profesional mengukur pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki tenaga kependidikan di bidangnya masing-masing.

Dalam rangka mempersiapkan peserta ujian menghadapi AKGTK Kemenag 2024, berikut ini kami hadirkan 35 contoh soal beserta pembahasan kunci jawabannya. 

Setiap soal telah disusun untuk membantu Anda memahami jenis pertanyaan yang mungkin muncul dalam ujian, serta strategi dan pemikiran yang perlu dipersiapkan.

1. Strategi Pembelajaran yang Tepat

Soal: Perencanaan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan peserta didik secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan sehari-hari sehingga mendorong peserta didik untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Pilihan strategi pembelajaran yang tepat adalah...
A. Kooperatif
B. Inkuiri
C. Problem solving
D. Discovery
E. Kontekstual

Jawaban: E. Kontekstual
Pembelajaran kontekstual mengutamakan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari siswa, mendorong mereka untuk mempraktikkan apa yang dipelajari dalam situasi nyata.


2. Media Pembelajaran yang Efektif

Soal: Saat merancang pembelajaran, seorang guru ingin menyederhanakan konsep atau prinsip yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan secara tertulis. Media apa yang tepat untuk digunakan guru tersebut?
A. Bagan
B. APE (Alat Permainan Edukatif)
C. Flip chart
D. Foto
E. Gambar

Jawaban: A. Bagan
Bagan adalah media yang tepat untuk menggambarkan konsep yang kompleks dengan cara yang sederhana dan mudah dipahami, memungkinkan siswa untuk melihat hubungan antar elemen dengan lebih jelas.


3. Pembiasaan di Sekolah

Soal: Di sekolah, seorang guru menuliskan beberapa aturan seperti "dilarang menginjak rumput" dan "mencoret-coret meja". Hal ini merupakan pembiasaan kepada peserta didik agar berkembang kecerdasan...
A. Naturalis
B. Kinestetis
C. Visual spasial
D. Verbal linguistic
E. Logis matematis

Jawaban: A. Naturalis
Pembiasaan terhadap aturan di sekolah, seperti menjaga kebersihan dan merawat lingkungan, berhubungan dengan kecerdasan naturalis siswa, yang mengedepankan kepedulian terhadap alam dan lingkungan sekitar.


4. Refleksi Pembelajaran

Soal: Pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, guru bersama peserta didik melakukan kegiatan refleksi. Hal ini dilaksanakan untuk...
A. Mengukur ketuntasan peserta didik
B. Mengukur efektivitas proses pembelajaran
C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
D. Menentukan langkah-langkah pertemuan berikutnya
E. Mengetahui materi yang belum terbahas dalam proses pembelajaran

Jawaban: C. Mengukur hal-hal yang belum dipahami peserta didik
Refleksi pembelajaran memungkinkan guru untuk menilai sejauh mana peserta didik memahami materi yang telah diajarkan, serta bagian mana yang perlu diberikan perhatian lebih lanjut.


5. Penilaian Portofolio

Soal: Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara...
A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas peserta didik
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan ulangan akhir semester tiap peserta didik
C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap peserta didik untuk melihat kesulitan peserta didik dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pembelajaran dan tes remidi
E. Mengumpulkan lembaran-lembaran hasil pekerjaan tugas, gambar-gambar dan hasil ulangan tiap peserta didik

Jawaban: C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing peserta didik yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan peserta didik dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
Penilaian portofolio mengutamakan pengumpulan bukti-bukti hasil kerja siswa sepanjang waktu, yang memungkinkan penilaian lebih holistik dan mengidentifikasi perkembangan siswa dalam berbagai aspek.


6. Memperkuat Keterhubungan Pembelajaran

Soal: Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya. Hal ini termasuk kegiatan...
A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Meningkatkan motivasi

Jawaban: D. Membuat kaitan
Dengan mengajukan pertanyaan yang menghubungkan materi sebelumnya, guru membantu siswa untuk mengingat kembali pengetahuan yang telah dipelajari, memperkuat pemahaman dan keterkaitannya.


7. Kompetensi Profesional Guru

Soal: Guru menguasai bidang keilmuan lain yang menunjang proses pembelajaran. Ini adalah kompetensi...
A. Pedagogik
B. Profesional
C. Kepribadian
D. Sosial
E. Budaya

Jawaban: B. Profesional
Kompetensi profesional mengacu pada penguasaan guru terhadap bidang keilmuan atau topik yang diajarkan, serta kemampuan untuk menghubungkannya dengan pengetahuan lainnya yang relevan dengan pembelajaran.


8. Mengatasi Kesulitan Belajar

Soal: Pak Andi menemukan bahwa kesulitan belajar yang dialami oleh siswanya disebabkan oleh cara belajar yang salah. Langkah yang paling tepat untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut adalah...
A. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional.
B. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar.
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa di dalam kelas.
D. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar.
E. Ciptakan suasana yang kondusif sehingga tercipta kreatifitas siswa.

Jawaban: B. Tunjukkan akibat atau dampak cara belajar yang salah terhadap prestasi belajar
Memberikan pemahaman tentang akibat dari cara belajar yang tidak efektif dapat membantu siswa mengubah strategi belajarnya dan meningkatkan hasil akademiknya.


9. Pemilihan Materi Pembelajaran

Soal: Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu memastikan bahwa materi yang digunakan sudah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan zaman, dan memberikan kontribusi untuk pemahaman masa depan. Kriteria pemilihan materi tersebut memenuhi kriteria...
A. Sahih
B. Signifikan
C. Kebermanfaatan
D. Layak dipelajari
E. Menarik minat

Jawaban: A. Sahih
Materi pembelajaran yang sahih adalah materi yang berdasarkan bukti yang valid, relevansi yang tinggi, dan sudah teruji kebenarannya dalam konteks pendidikan yang ada.


10. Penilaian Hasil Belajar

Soal: Untuk memperoleh penilaian hasil belajar yang baik, aspek yang harus dinilai meliputi...
A. Kepribadian, kognitif, afektif
B. Kognitif, kepribadian, psikomotor
C. Afektif, kognitif, mental
D. Kognitif, psikomotor, afektif
E. Psikomotor, kognitif, minat

Jawaban: D. Kognitif, psikomotor, afektif
Penilaian hasil belajar yang komprehensif melibatkan aspek kognitif (pengetahuan), psikomotor (keterampilan), dan afektif (sikap) siswa.


11. Merumuskan Tujuan Pembelajaran

Soal: Dalam merumuskan tujuan pembelajaran, hal yang perlu diperhatikan adalah...
A. Alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
B. SK, KD, dan indikator yang akan digunakan (terdapat pada silabus yang telah disusun)
C. Alat/bahan/sumber belajar yang digunakan
D. Kriteria penilaian, lembar pengamatan, contoh soal,

dan acuan standar kelulusan
E. Semua jawaban benar

Jawaban: E. Semua jawaban benar
Untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang efektif, semua faktor yang disebutkan (SK, KD, waktu, alat, bahan, dan penilaian) perlu diperhatikan agar tujuan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan kondisi siswa.


Contoh soal AKGTK Kemenag 2024 di atas telah mencakup berbagai topik penting yang perlu dipahami oleh setiap peserta ujian. 

Kunci jawaban yang disertakan memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai materi yang diajarkan. 

Agar berhasil dalam ujian, sangat disarankan untuk mempersiapkan diri dengan mempelajari soal-soal ini secara menyeluruh, serta berlatih dengan soal-soal lainnya yang relevan.

Dengan memahami berbagai konsep yang tercakup dalam kompetensi pedagogik dan profesional, diharapkan peserta ujian dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan Kemenag 2024.***