Asal-usul Sejarah Perayaan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang 14 Februari



RAKYATMEDIAPERS.CO.ID - Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang jatuh pada tanggal 14 Februari. Pada waktu tersebut, sebagian orang menjadikan kesempatan tersebut sebagai momen untuk mengungkapkan perasaan maupun menunjukkan bentuk kasih sayang kepada orang-orang tercinta.

Sebenarnya, Valentine tidak hanya dikaitkan dengan gebetan atau kekasih. Namun dalam konteks lebih luas, Valentine bisa dirayakan bersama orang terkasih, misalnya keluarga, sahabat, saudara, maupun orang tua. Meskipun sebenarnya rasa cinta bisa ditunjukkan setiap hari, akan tetapi adanya Hari Kasih Sayang dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk mengingat pentingnya cinta dalam kehidupan.

Pada saat merayakan Hari Valentine, banyak orang memberikan hadiah berupa coklat, kue, bunga, maupun rangkaian kata manis sebagai ungkapan perasaan. Tak hanya itu, sebagian orang juga merayakannya dengan romantic dinner bersama gebetan ataupun pasangannya, maupun melangsungkan staycation romantis seperti honeymoon bagi pasangan suami dan istri.

Pada saat Valentine, sebagian besar pria maupun wanita akan menunjukkan sisi manis dan romantisnya. Kemudian melakukan cara apapun supaya tercipta hari yang berkesan manis bersama kekasih, gebetan, orang tua, keluarga, maupun sahabat.

Perayaan Hari Kasih Sayang pun biasanya disemarakkan dengan banyaknya promo diskon coklat maupun bingkisan penuh cinta lainnya di berbagai supermarket maupun toko tertentu, salah satunya di LOTTE Mart. Sebab di LOTTE Mart sedang ada diskon coklat hingga 25% maupun beli satu dapat dua.

Adanya bingkisan tersebut dapat dijadikan sebagai ide kado untuk orang-orang tercinta. Tujuannya tentu supaya lebih berkesan sekaligus personal saat memberikannya. Selain itu, biasanya bingkisan tersebut sudah dikemas secara menarik agar orang lain semakin senang saat menerimanya.

Meskipun tak semua orang merayakannya, namun tidak ada salahnya menunjukkan kasih sayang kepada orang lain meskipun tidak harus kepada kekasih ataupun gebetan. Menebarkan kasih sayang berarti menampakkan bahwa Anda memiliki rasa peduli dan menyayangi sesama manusia, sehingga dapat digunakan sebagai pengingat bahwa dunia ini membutuhkan cinta.

Asal Usul Hari Valentine

Terdapat dua versi sejarah mengenai asal-usul Hari Valentine. Oleh karena itu, simak penjelasannya berikut ini.

Sejarah Valentine

Banyak orang bertanya-tanya asal usul Hari Valentine sebenarnya, baik itu ketika merayakannya, maupun tidak sama sekali. Tak ada salahnya mengetahui sejarah di balik Hari Kasih Sayang tersebut agar bisa menambah wawasan sekaligus memiliki pandangan baru soal Valentine.

Berdasarkan legenda yang beredar, sebenarnya Hari Valentine sudah ada sejak tahun 270 Masehi silam. Namanya diambil dari Saint Valentine, ia merupakan pendeta Katolik di Roma.

Kisah ini dimulai pada saat Claudius II yang merupakan seorang penyembah berhala membuat peraturan bahwa orang Kristen tidak boleh melangsungkan pernikahan karena percaya bahwa tentara Romawi harus mengabdi sepenuhnya kepada Roma, sehingga peraturan tersebut kemudian disahkan. Namun, Saint Valentine diam-diam menikahi seorang prajurit melalui upacara Kristen secara rahasia karena dirinya percaya tentang arti sebuah cinta dalam hidupnya.

Namun tak disangka, kelakuan Saint Valentine tersebut tiba-tiba diketahui oleh Claudius II. Selama dipenjara, ia melakukan tugas merawat tahanan lainnya dan putri seorang sipir yang buta. Kemudian pada akhirnya Saint Valentine dieksekusi mati pada tahun 270 di tanggal 14 Februari.

Pada saat hari di mana Saint Valentine dieksekusi, terdapat surat yang bertuliskan “From your Valentine” atau “Dari Valentine-mu” yang ditujukan kepada putri seorang sipir tersebut sebagai tanda perpisahan. Sehingga pada saat itu mulai diperingati Hari Valentine hingga saat ini.

Sejarah Valentine Lainnya

Akan tetapi, ada sejarah lainnya mengatakan bahwa Valentine ada karena bermula dari sebuah Festival Lupercalia. Festival ini merupakan suatu tradisi asal Romawi Kuno yang berbau seks guna menghormati Dewa Kesuburan.

Namun sayangnya, pada Festival Lupercalia tersebut tidak ada sama sekali cinta dan kasih di dalamnya. Sehingga, dicari cara bagaimana supaya tradisi tersebut menjadi lebih baik dari sekedar melakukan seks. Jadi, pada tanggal 15 Februari diadakan Festival Lupercalia, dan sehari sebelumnya, yaitu 14 Februari diperingati sebagai Hari Valentine yang penuh kasih sayang.

Makna Hari Valentine

Makna Hari Valentine yaitu sebagai wujud ungkapan kasih sayang kepada orang tercinta. Selain itu, makna lainnya adalah sebagai upaya dalam menghargai hubungan bersama pasangan.

Sangat penting menghargai sebuah hubungan yang sudah dijalin bersama pasangan. Adanya Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang dapat digunakan sebagai pengingat akan pentingnya cinta dan kasih dalam menjalani hubungan asmara supaya semakin kuat dan harmonis.

Cara mengungkapkan rasa cinta tersebut dapat melalui hadiah. Biasanya orang-orang memberikan bunga, coklat, maupun puisi dan kartu ucapan supaya momen tersebut meninggalkan kesan romantis.

Namun, jangan mengingatnya saat memberikan hadiah saja. Hal terpenting yaitu menjadikan momen tersebut sebagai kesempatan untuk saling memperbaiki diri, menguatkan maupun saling melengkapi satu sama lain.

Simbol Hari Valentine

Simbol peringatan Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang tak kalah penting dari sejarahnya. Adanya asal usul memberikan sebuah kartu berisi ucapan manis, bermula dari Duke Charles of Orleans menuliskan kartu Valentine yang dianggap paling tua. Ia menuliskannya ditujukan kepada istrinya ketika sedang dipenjara tahun 1415.

Selain itu, pada abad ke-17 sudah mulai muncul budaya memberikan coklat dan kudapan manis kepada orang tercinta saat perayaan Valentine. Akibat adanya peristiwa tersebut, banyak orang beranggapan bahwa memberikan kudapan manis seperti coklat dan surat cinta merupakan bentuk kasih sayang kepada orang tercinta.

Jadi, begitulah bahasan seputar Valentine agar lebih mengenal sejarah di balik Hari Kasih Sayang tersebut. Tak perlu bingung memberikan hadiah seperti apa kepada orang tercinta. Di LOTTE Mart sedang ada promo Valentine, antara lain potongan hingga sebesar 25% untuk pembelian coklat KitKat, Silverqueen, Delfi dan Van Houtten.

Selain itu, terdapat potongan harga menarik, beli satu gratis satu, atau beli dua gratis satu pada pembelian produk coklat lainnya. Apabila tak ingin memberikan coklat, masih ada potongan harga menarik untuk kudapan manis lainnya hanya di LOTTE Mart terdekat di kota Anda.

Tanya Jawab

1. Apa makna sebenarnya dari Hari Valentine?

Hari Valentine memiliki makna sebagai wujud ungkapan kasih sayang kepada orang tercinta dan juga sebagai upaya dalam menghargai hubungan bersama pasangan.

2. Mengapa tanggal 14 Februari dipilih sebagai Hari Valentine?

Tanggal 14 Februari dipilih sebagai Hari Valentine karena terkait dengan peringatan eksekusi mati Saint Valentine, yang kemudian diperingati sebagai Hari Valentine hingga saat ini.

3. Apa yang bisa dilakukan selain memberikan coklat pada perayaan Hari Valentine?

Selain memberikan coklat, pada perayaan Hari Valentine juga bisa melakukan romantic dinner, memberikan bunga, puisi, kartu ucapan, atau menghabiskan waktu bersama dengan orang tercinta.

HALAMAN SELANJUTNYA:


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel