Home / NASIONAL / Program KB Pria di Pasaman Barat Digencarkan
meizu

Program KB Pria di Pasaman Barat Digencarkan

PASAMAN BARAT-RAKYAT MEDIA, Program Keluarga Berencana (KB) yang dikenal selama ini didominasi oleh kaum ibu-ibu, dan terfokus kepada perempuan. Sehingga paradigma ini harus dirubah dengan pola KB yakni yang ber KB adalah pria dengan program Vasektomi.

Himbauan ber KB sudah setiap kegiatan dilakukan, ucap Bupati Pasbar H. Syahiran di Jorong tampus Nagari Persiapan Tampus Damai Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang dalam kegiatan Pencanangan Kampung KB ke 9 Selasa (19/9/2017) lalu.

“Di Pasbar Kampung KB setiap kecamatan kita adakan. Sekarang sudah 9 Kecamatan yang memiliki kampung KB. Artinya Pasbar cukup gencar melakukan dan menjalankan program KB ini. Kita ingin ber KB tidak hanya dilakukan oleh wanita, sekarang sudah ada KB khusus pria yakni vasektomi,”papar Syahiran.

Ia menambahkan, setelah dilakukan penelitian KB vasektomi tidak ada pengaruh apa-apa bagi laki-laki. Karena selama ini program KB vasektomi banyak ditakuti oleh kaum laki-laki.

“Sudah saatnya laki-laki menyayangi perempuan dengan ber KB, sebab janji suci dan doa Samawa ketika menikah jarang dilaksanakan oleh pasangan,”urai Syahiran.

Pencanangan KB kesehatan Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang masyarakat sehat dan sejahtera. Program KKBPK harus dapat menerapkan revolusi mental berbasis keluarga, sehingga para orang tua sejak dini dapat menanamkan nilai-nilai integritas etos kerja serta gotong royong kepada anak-anak.

“Program KKBPK harus mengutamakan wilayah seperti daerah miskin, padat penduduk, wilayah nelayan, kumuh perkotaan, dan daerah tertinggal lainnya. Dimana pada umumnya di wilayah tersebut capaian program KKBPK belum berhasil dengan maksimal,”kata Syahiran.

Karena, tandas Syahiran lampung KB merupakan salah satu wujud nyata pembangunan program KKBPK dari pinggiran. Yaitu daerah yang relatif selama ini tidak terjangkau secara optimal untuk bisa sejajar dan maju bersama dengan daerah lain.

Sementara itu, perwakilan BKKBN Sumbar Budi Mulia mengatakan pencanangan Bhakti TNI KB kesehatan dalam rangka untuk memantapkan dan mempercepat keberhasilan KKBPK sebagai bagian integral dari pembangunan kesejahteraan.

“Tema yang diangkat tahun ini melalui bhakti sosial TNI KB kesehatan tahun 2017 kita tingkatkan KKBPK. Saya berharap agar pencanangan ini dapat lebih meningkatkan koordinasi, keterpaduan, komitmen dan dukungan,”pinta Budi Mulia. (rm/Robbisam)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Persatuan Jaksa Tolak Gabung Dengan Densus Tipikor

JAKARTA, RAKYATMEDIA.CO.ID-Anggota Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) Reda Manthovani menilai pembentukan Densus Antikorupsi kurang tepat. Seharusnya, …

Elektabilitas Jokowi Rawan, Gerindra Optimis Prabowo Menang di 2019

JAKARTA, RAKYATMEDIA.CO.ID-Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria optimistis sang Ketua Umum Prabowo Subianto memenangi …