Home / KEPRI / ANAMBAS / Rokok Tak Bercukai Banjiri Anambas
meizu

Rokok Tak Bercukai Banjiri Anambas

ANAMBAS, RAKYAT MEDIA-Bea Cukai Tipe Pratama Tarempa tengah membidik pemasok rokok khusus untuk Zona perdagangan bebas di Anambas.

Kepala Kantor Bea Cukai Tipe Pratama Susetia mengatakan, meski beberapa operasi telah beberapa kali dilakukan, namun pihaknya tidak mengelak kalau peredaran roko tanpa label pita cukai itu masih marak ditemukan di Anambas. Adanya laporan dari masyarakat pun, diakuinya menjadi hal penting untuk melakukan operasi.

Sejumlah prosedur pun, diakuinya harus dilakukan terlebih kewenangan untuk melakukan pemeriksaan kapal yang masuk ke pelabuhan sudah tidak dimiliki oleh Bea Cukai di Tarempa lagi.”Ada laporan dari masyarakat, kami bisa lakukan pemeriksaan. Saat ini kami tengah membidik pemasok rokok yang tidak dilabeli pita cukai,” ujarnya Kamis (14/9/2017).

‎Pihaknya pun mengklaim telah menarik ratusan bungkus rokok yang tidak dilabeli pita cukai. Sedikitnya, 977 bungkus rokok tanpa pita cukai telah diamankan terhitung sejak bulan Agustus 2017 kemarin.

Pihaknya pun, saat ini telah mengajukan permohonan untuk dilakukan pemusnahan kepada Kantor Wilayah DJBC Kepri di Tanjung Balai Karimun dan telah mendapat persetujuan.”Rencananya bulan September 2017 ini, ratusan bungkus rokok itu bersama hasil operasi di tahun 2016. Saat ini kami tengah mencari lokasi untuk pemusnahan,” ungkapnya.

Edukasi kepada sejumlah pedagang dan masyarakat pun, diakuinya terus dilakukan untuk meminimalisir peredaran rokok tanpa pita cukai. Peminat rokok tanpa pita cukai pun, diakuinya cukup besar. Hal ini pula yang diakui salahseorang warga sebut saja Andi.

Harga yang murah serta rasa yang tidak terlalu jauh dengan rokok dengan label pita cukai, diakuinya menjadi faktor lain sehingga ia mau membeli rokok tanpa pita cukai.”Model bungkusnya pun tak jauh berbeda. Hanya beda nama sama harga yang murah. Perokok seperti saya ini, kalau tidak merokok satu hari seperti ada yang kurang,” ungkapnya.(rm/red).

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Penggunaan Dana APBD Kepri Sarat PenyimpanganPenggunaan Dana APBD Kepri Sarat Penyimpangan

BATAM, RAKYAT MEDIA-Sejak disahkan UU No.32 Tahun 2004, tentang otonomi daerah yang memberikan kewenangan lebih …

Gelapkan Uang Asuransi PNS Pemko Batam Senilai Rp55 Miliar Kejati Kepri Kembali Periksa Mantan Kasi Datun Kejari Batam Gelapkan Uang Asuransi PNS Pemko Batam Senilai Rp55 Miliar Kejati Kepri Kembali Periksa Mantan Kasi Datun Kejari Batam

TANJUNGPINANG, RAKYAT MEDIA-Mantan Kasi Datun Kejari Batam, M Syafii, yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh …