Home / INTERNASIONAL / ASIA / Konsulat RI Tawau : Setelah di Deportasi TKI Masuk Kembali Secara Ilegal
meizu

Konsulat RI Tawau : Setelah di Deportasi TKI Masuk Kembali Secara Ilegal

Kuala Lumpur,rakyatmediapers.co.id- rakyat media.co.id-Permasalahan kompleks yang dialami para TKI memang belum dapat diakhiri. Banyaknya jalur tikus dari perbatasan Indonesia menuju Tawau menjadi salah satu penyebab banyaknya TKI tanpa dokumen berdatangan ke negara jiran.

Data yang dimiliki Konsulat RI di Tawau di tahun 2015, ada 5.684 TKI dipulangkan (deportasi) ke Indonesia melalui Nunukan. Mirisnya, jumlah tersebut nyaris sama dengan jumlah masuknya TKI tanpa dokumen ke Malaysia. Artinya, TKI yang dideportasi kembali lagi ke Malaysia dengan cara illegal.

Kepala Perwakilan Konsulat RI Tawau, Muhammad Soleh mengungkapkan, TKI illegal tersebut tertangkap dalam operasi penertiban yang disebut Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI). “Untuk menertibkannya, saya berharap warga Negara Indonesia yang ingin masuk ke negara orang harus mengikuti aturan. Seperti paspor dan memiliki jaminan dimana akan mereka bekerja,” kata Soleh.

Soleh juga menyalahkan petugas di perbatasan kedua negara. Sebab pintu masuk menuju Tawau itu sangat banyak. Sedikitnya ada 1.000 pintu masuk yang disebut jalur tikus. “Jadi tidak hanya seribu jalan menuju Roma, tetapi ada juga seribu jalan menuju Tawau,” ucap Soleh.

Faktor lainnya, rakyat Indonesia memang sudah mengenal Sabah sejak tahun 1812, jauh sebelum Indonesia merdeka. Dan pola pikir warga Indonesia, bekerja di luar negeri memiliki kebanggaan tersendiri. “Ada prestise sendiri ketika mereka telah bekerja di luar negeri,” tutur Soleh.

Menurut Soleh, sah-sah saja ketika seseorang menginginkan kesejahteraan hidup. Namun satu hal yang perlu diingat, agar tidak dideportasi segera lengkapi dokumen dan jangan sampai teriming-imingi oleh kerabat yang sudah lama bekerja di Tawau. “Jangan terpancing oleh mandor-mandor yang mengiming-imingi kesejahteraan,” kata Soleh.

Perlu diketahui bahwa deportasi itu adalah pemulangan warga Negara Indonesia atau tenaga kerja Indonesia yang tidak berdokumen atau overstay yang tidak memiliki visa kerja. Deportasi ini dibiayai oleh pemerintah yang memulangkan, tidak dari pemerintah Indonesia.

“Jadi masyarakat perlu tahu kalau yang membiayai pemerintah Indonesia namanya repatriasi,” jelas Soleh. Ketika warga negara Indonesia dideportasi, Konsulat RI Tawau memfasilitasi deportasi dengan cara melakukan pendampingan, menyerahkan warga negara Indonesia yang dipulangkan kepada BNP3TKI dan dinas sosial setempat untuk dipulangkan ke daerah masing-masing.

“Alasan mengapa warga negara Indonesia yang dideportasi dari Malaysia selalu ke Nunukan, karena Malaysia mencari titik pemulangan terdekat dalam rangka menghemat dan efesiensi dari pemerintah Malaysia,” ujar Soleh.

Pemerintah Indonesia seharusnya berterima kasih karena mereka yang terjaring operasi ditempatkan di rumah tahanan sementara milik Malaysia. Yang sangat disayangkan, setelah dipulangkan, para TKI ini kembali lagi ke Malaysia melalui jalur tikus. “Saya juga tidak bisa memprediksi kapan akan selesai permasalahan ini,” kata Soleh.

Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Indonesia, Konsulat RI Tawau yang termasuk dalam satuan tugas (satgas) mengaku ikut memfasilitasi mereka yang datang ke konsulat untuk meminta perlindungan. “Seperti mereka yang tidak dibayar gajinya dan diberhentikan secara sepihak. Penyelesaian ini lebih mudah apabila memiliki dokumen lengkap. Kalau tidak ada dokumen akan membuat konsulat kesulitan membela mereka sebagai bahan dasar pertimbangan pembelaan,”kata Soleh.(rm/red)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Konsul Imigrasi KJRI Johor Bahru, Igusti Bagus Mochammad Ibrahim Imbau WNI Jika Mengurus Dokumen Jangan Melalui Calo

JOHOR BAHRU, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID-Staf Teknis Imigrasi KJRI Johor Bahru, I Gusti Bagus Mochammad Ibrahim menyampaikan harapannya …

Duterte: Latihan Militer AS-Filipina pada Oktober Merupakan yang Terakhir

HANOI, RAKYATMEDIAPERS.CO.ID – Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebut latihan militer gabungan antara Amerika Serikat dan …