Home / EKOBIZ / BISNIS / Cermati kiat-kiat berikut untuk mendapat asuransi mobil terbaik untuk mobil Anda
meizu

Cermati kiat-kiat berikut untuk mendapat asuransi mobil terbaik untuk mobil Anda

Rakyat Media-Hampir setiap keluarga di Indonesia memiliki kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Ditambah dengan angkutan umum, juga kendaraan operasional seperti truk, akan menambah padatnya lalu lintas dijalanan.

Semakin padat lalu lintas, tentu menambah kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang banyak menimbulkan kerugian harta, hingga nyawa. Selain itu, maraknya pencurian pada kendaraan bermotor akan menimbulkan masalah baru yang membuat rasa khawatir terhadap kendaraan bermotor meningkat.

Asuransi merupakan pilihan terbaik, untuk mengantisipasi potensi kerugian dan resiko yang mungkin saja terjadi. Mengapa asuransi kendaraan itu perlu ? Karena dengan adanya asuransi, Anda akan tetap aman saat terjadi kecelakaan, kehilangan, sampai kerusakan.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi mobil secara online maupun offline baik dari website mereka sendiri atau melalui website keuangan seperti website cermati.com untuk kendaraan bermotor, dengan berbagai jenis syarat dan ketentuan yang di berlakukan oleh perusahaan penyedia asuransi.

Untuk itu, sebelum memilih asuransi, perhatikan kiat-kiat berikut untuk mendapatkan asuransi terbaik untuk mobil Anda.

Tentukan kebutuhan Anda

Hal pertama adalah Anda harus mengetahui dengan jelas apa saja yang kendaraan Anda butuhkan. Hal ini meliputi kondisi mesin, kondisi eksterior, serta usia kendaraan. Setelah mengetahui kondisi kendaraan Anda, maka Anda dapat dengan mudah memilih jenis asuransi yang tepat untuk kendaraan Anda.

Misalnya, asuransi TLO atau Total Lost Only. Asuransi ini hanya menjamin kerusakan kendaraan yang terjadi diatas 50% hingga 80% tergantung kebijakan perusahaan asuransi. Artinya, kecelakaan kecil seperti body yang penyok tidak akan dijamin oleh asuransi. Jika Anda hanya membutuhkan asuransi seperti ini, keuntungannya adalah biaya yang dikeluarkan akan lebih kecil untuk membayar asuransi.

Jenis asuransi lainnya adalah All Risk atau Comprehensive, yang artinya hampir semua resiko yang mungkin terjadi pada kendaraan Anda akan dijamin oleh perusahaan asuransi. Meskipun begitu, akan selalu ada pengecualian dalam polis asuransi yang perlu Anda pahami sejak awal agar berbagai hal tersebut tidak menimbulkan kerugian untuk Anda. Anda juga perlu mengetahui keuntungan jenis asuransi yang di berikan. Anda bisa cek produk asuransi mobil all risk terbaik dari Sinarmas atau MNC.

Lakukan Perbandingan

Setelah mengetahui apa yang Anda butuhkan, sebaiknya jangan langsung mendatangi perusahaan asuransi tanpa tahu apa yang asuransi lain berikan. Lakukan perbandingan antar perusahaan asuransi dan pilihlah yang mana yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Perusahaan asuransi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda tiap-tiap perusahaannya.

Beberapa asuransi mungkin akan terlihat sama, namun anda perlu mencari informasi lebih detail mengenai setiap produk, untuk dapat menentukan produk mana yang paling cocok untuk Anda. Jangan terburu-buru mengambil keputusan karna penting bagi Anda untuk menemukan asuransi terbaik untuk kendaraan Anda.

Besaran premi juga akan mempengaruhi manfaat dan perlindungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki besaran premi yang berbeda.  Anda tentu ingin mendapatkan asuransi terbaik untuk kendaraan Anda. Namun, Anda perlu memperhitungkan besaran premi yang akan Anda bayarkan. Jangan memaksakan diri untuk mengambil asuransi yang besaran premi-nya diluar kemampuan finansial Anda.

Hal seperti ini hanya akan membuat cash-flow keuangan Anda terganggu dan menimbulkan masalah dalam pengeluaran Anda. Pertimbangkan asuransi yang biasannya direkomendasikan oleh pihak dealer. Perhatikan lebih detail tentang besaran premi serta keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Gunakan Layanan Perusahaan Asuransi Terbaik
Saat ini, sudah banyak perusahaan yang menyediakan asuransi kendaraan. Jangan sampai Anda salah pilih dalam menentukan perusahaan mana yang akan Anda pilih. Perhatikan beberapa hal seperti kredibilitas perusahaan. Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih memiliki kredibilitas yang baik dan bisa dipercaya.

Tanyakan kepada rekan Anda yang sudah memilih perusahaan tersebut untuk kendaraan mereka. Anda juga bisa mencari informasi secara online dengan melihat situs resmi perusahaan asuransi tersebut, atau melihat berbagai forum online mengenai asuransi yang bisa dipercaya.

Perhatikan fitur dan layanan yang disediakan oleh perusahaan asuransi tersebut. Misalnya seperti layanan 24 jam serta kecepatan dalam menanggapi laporan. Ada baiknya juga jika perusahaan tersebut, memiliki fasilitas ambulans, mobil derek, dan fasilitas pendukung seperti mobil pengganti ketika mobil Anda sedang dalam masa perbaikan. Bengkel rekanan perusahaan asuransi juga patut dipertimbangkan.

Pilihlah asuransi dengan bengkel rekanan yang bisa dipercaya dan jaraknya dekat dengan tempat tinggal Anda. Selain itu, prosedur pengajuan klaim juga perlu diperhatikan dalam pemilihan perusahaan asuransi. Cari tahu dan lihat seberapa banyak klaim yang diterima oleh perusahaan asuransi tersebut melalui layanan internet pada forum atau website resmi mereka. Hal ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih sebuah perusahaan asuransi yang tepat.

Itulah tips-tips yang bisa Anda gunakan ketika memilih asuransi untuk mobil Anda. Semoga bermanfaat! (rm/ant)

Komentar

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Check Also

Barcelona Residence, Bayar Rp20 Juta Langsung Huni

Multi Propertindo Mandiri Tawarkan Rumah di Batam Centre BATAM, RAKYAT MEDIA-Bagi yang berminat mencari rumah …

Disebut Badan Publik, Alfamart Banding ke Pengadilan

Alfamart keberatan dengan status Badan Publik karena sudah diatur OJK. Rakyat Media –¬†Pengelola gerai ritel …